Yudisium Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Tahun Akademik 2020/2021 di Gelar secara Virtual

Senin (23/08) Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pacitan (STKIP PGRI Pacitan) gelar Yudisium secara virtual menggunakan platform zoom meeting yang diikuti oleh 177 peserta. Acara ini dimulai pukul 08.00 s.d 10.00 WIB dan berpusat di Aula Gedung A STKIP PGRI Pacitan.

Acara ini dipimpin langsung oleh Dr.Mukodi, M.S.I., selaku Ketua STKIP PGRI Pacitan didampingi oleh jajaran wakil ketua beserta seluruh Ketua Program Studi. Yudisium tahun akademik 2020/2021 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Jadi panitia memutuskan untuk menggunakan platform zoom meeting sebagai media upacara yudisium tahun ini. Kendati demikian hal ini tidak mengurangi kekhidmatan dan juga semangat dari masing-masing peserta. Sejumlah 177 peserta yang terdiri dari 6 mahasiswa Pendidikan Sejarah, 17 mahasiswa Pendidikan matematika, 15 mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, 16 mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, 29 mahasiswa Pendidikan Informatika, dan 76 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

“Poin terpenting yang harus diingat, pandemi covid 19 memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada kita semua, bahwa hidup dan kehidupan saat ini begitu menantang dan harus diperjuangkan. Saudara-Saudari sekalian harus siap beradaptasi dan berkolaborasi dengan siapa pun, di mana pun dan kapan pun. Sembari dengan kokoh melaksanakan falsafah tuntunan Ki Hadjar Dewantara, “ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Sebagai lulusan “Kampus Pendidik, Humanis Religius, dan Kampus Pembina Pramuka” ini kalian harus memiliki kemampuan yang tidak bisa dilakukan oleh mesin atau robotik. Apa itu? Kalian semua harus memiliki keunggulan di bidang soft skill. Setidaknya ada 10 skill/ keterampilan yang harus dikuasai, yakni: (1) complex problem solving; (2) critical thinking; (3) creativity; (4) people management; (5) coordinating with other; (6) emotion intelligence; (7) Judgment and decision making; (8) service orientation; (9) negotiation; (10) cognitive flexibility. ” Tutur Dr.Mukodi, M.S.I. dalam sambutannya pada yudisium sarjana tahun 2021.

Selain itu Dr. Mukodi juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta dengan harapan mereka mampu memikul amanah yang diberikan dengan baik. “Kami berpesan agar Saudara sekalian tidak berpuas diri dengan gelar saat ini, raihlah mimpi yang lebih tinggi, Strata Dua (Magister) bahkan Strata Tiga (Doktoral). Harus dipahami, gelar dan jabatan tentunya bukan tujuan, akan tetapi, ia adalah walisah (jalan) menuju tangga kemandiran, kesuksesan dan kebermaknaan hidup.” Pungkasnya.