Wisuda ke XXII STKIP PGRI Pacitan Digelar Dengan Konsep Lantatur

Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pacitan (STKIP PGRI Pacitan) sukses menggelar Wisuda ke XXII secara Daring dan Luring menggunakan konsep Drive Thru/Layanan Tanpa Turun (Lantatur) pada Kamis, 16 September 2021. Wisuda tahun ini mengambil tema Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Transformatif dan Berkarakter di Era Kebiasaan Baru.

Kegiatan Daring menggunakan live streaming youtube sedangkan kegiatan Luringnya dengan konsep drive thru berlangsung di halaman STKIP PGRI Pacitan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sejumlah 183 mahasiswa dari tujuh program studi yang diwisuda tahun ini dengan rincian sebagai berikut; Pendidikan Sejarah (PS) 8 mahasiswa, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) 15 mahasiswa, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 18 mahasiswa, Pendidikan Matematika (PM) 17 mahasiswa, Pendidikan Informatika (PI) 29 mahasiswa, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) 19 mahasiswa, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 77 mahasiswa.

Pencapaian membanggakan ditorehkan oleh 157 wisudawan atau sebanyak 85,7 % mendapatkan predikat Cumlaude tentu ini merupakan buah kerja keras mereka selama mengikuti proses perkuliahan. Adapun peraih IPK tertinggi pada masing-masing Program Studi sebagai berikut; Banu Rahmad Diara (PS) dengan IPK 3,87, Ulfa Maulia Rahmawati (PBSI) IPK 3,95, Budi Tri Asmoro (PM) IPK 3,91, Winda Afianti (PBI) IPK 3,96, Ponco Tri Wahyono (PJKR) IPK 3,88, Ratih Fadhilah Qisti (PI) 3,97, dan Ahmad Bahrudin (PGSD) dengan IPK 3,94.

“Kami berpesan kepada wisudawan dan wisudawati agar saudara tidak berpuas diri dengan gelar Sarjana Pendidikan yang di raih, raih mimpi lebih tinggi S2/Magisterster, bahkan bisa S3/Doktoral didalam maupun luar negeri saat ini terbuka lebar kesempatan untuk itu. Ada pepatah mengatakan dimana ada kemauan disana ada jalan, man jadda wa jadda (siapa yang bersungguh-sungguh niscaya allah akan membukakan pintu kesuksesan) tingkatkan kualifikasi dan kualitas personal kalian menuju tangga kemandirian, tangga keberhasilan, tangga kesuksesan, dan kebermaknaan hidup. ” Tutur Dr. Mukodi, M.S.I. dalam sambutannya.

Dr. Mukodi juga menegaskan agar nantinya setelah lulus para wisudawan bisa hidup dengan mandiri dan lebih baik lagi. “Jadilah pelita ditengah kegelapan, akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur atau karakter building, jadikan sebagai panglima, jadikan sebagai api perubahan untuk diri kalian kalian, sinergi dan kolaborasi dengan semua orang harus ditingkatkan niscaya kalian akan diterima disemua kalangan. Kami berdoa semoga kalian sukses dalam menjalani kehidupan, sukses dalam bekerja dan sukses dalam berdikari sesuai dengan passion dan keinginan baik kalian semua.”, tuturnya.

Sementara itu ketua PGRI Jawa Timur, Drs. Teguh Sumarno, M.M. melalui sambutan virtual juga memberikan wejangan kepada para wisudawan, untuk menggapai suskses dalam berkarier setidaknya para wisudawan harus menguasai kompetensi guru sesuai tuntutan undang-undang, ketekunan dalam menjiwai profesi, penguasaan teknologi yang dijiwai dengan karakter dasar agama dan pancasila, serta mampu berkolaborasi dengan kemampuan komunikasi yang matang. Ketua PGR juga berharap kedepad STKIP PGRI Pacitan dapat mengembangkan pelayan akademik pada program studi umum yang selaras dengan perkembangan zaman dengan mengubah bentuk menjadi Universitas. Beliau juga mengajak jajaran Pemerintah Daerah melalui Bupati Pacitan untuk bergandengan tangan memberikan dukungan kepada STKIP dalam rangkan memberikan pelayanan pendidikan tinggi bagi masyarakat di Kabupaten Pacitan dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersubut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, juga menyampaikan ucapan selamat secara virtual kepada seluruh wisudawan atas keberhasilannya menempuh studi pendidikan tinggi dan diharapkan partisipasinya dalam membangun Kabupaten Pacitan. Beliau jua memberikan apresiasi kepada sivitas akademika STKIP PGRI Pacitan yang telah andil membangun SDM melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupatenb Pacitan.