STKIP PGRI Pacitan Gelar Halalbihalal Virtual Sebagai Pengikat Tali Silaturahmi

ProgresifNews  Jumat, 21 Mei 2021 atau bertepatan dengan 9 Syawal 1442 Hijriyah. Sekoah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pacitan (STKIP PGRI Pacitan) mengadakan Halalbihalal Virtual dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara sivitas akademika dan seluruh mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Acara ini diselenggarakan secara daring menggunakan media Zoom Meeting dan disiarkan langsung oleh Channel Youtube STKIP PGRI Pacitan.

Dalam kegiatan ini acara dipandu langsung oleh salah satu dosen muda yang ada di STKIP PGRI Pacitan yaitu Vit Ardhyatama, M.Pd. Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Imam Khanani mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Semester 2 yang juga pernah mengikuti lomba MTQ antar SLTA/Sederajat Se-Kabupaten Pacitan Tahun 2018. Peserta yang hadir dalam acara halalbihalal virtual ini terdiri atad seluruh unsur staf/karyawan, mahasiswa, dosen, dan jajaran pimpinan STKIP PGRI Pacitan, Organisasi Wanita Kampus Pendidik (OWKP), serta alumni.

Kegiatan dibuka langsung oleh Dr. Mukodi, M.S.I selaku ketua STKIP PGRI Pacitan. Dalam sambutannya Dr. Mukodi menekankan bahwa “Pada hakikatnya kemarin kita telah mempersiapkan halalbihalal secara bermuajahah, akan tetapi akibat adanya edaran dari pemerintah terkait peniadaan halalbihalal, maka kami memutuskan untuk mengadakan secara virtual. Semoga silaturahmi ini tidak menghalangi kita semua dalam mewujudkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Basariyah ataupun Insaniyah.” Selain itu Dr.Mukodi juga berpesan bahwasanya saat ini kampus sedang berjuang dalam meningkatkan mutu pelayanan bagi mahasiswa maupun dosen.

Uraian hikmah dengan tema “Halal Bihalal dalam Teropong Turats Nusantara” disampaikan langsung oleh Kyai Abdul Wahab Saleem, M.S.I. yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren An-Nahdlah, Jinggotan, Kembang, Jepara-Jawa Tengah. Selain itu beliau juga berstatus sebagai dosen aktif di UNISNU Jepara dan Ketua Lembaga Dakwah PCNU Jepara. Dalam kegiatan ini Kyai Abdul Wahab menyampaikan hikmah dari halalbihalal yang diambil dari salah satu kitab karya ulama’ nusantara yang berisikan ayat-ayat yang sering digunakan saat aktivitas halal bihalal. Salah satunya adalah kitab karya Mbah Sholeh Darat yang berbahasa Jawa pegon dan bertuliskan arab. “beliau menyampaikan rahasia mengapa Al Quran diturunkan dibulan Ramadan? Itu karena bulan Ramadan ada aktivitas ibadah puasa. Orang yang menjalankan ibadah puasa berpotensi mendapatakan Haqoikul Quran dan orang yang mendapatkan Haqoikul Quran itulah yang berpotensi mendapatkan moralitas sebagaimana moralitasnya Al Quran” Tutur Kyai Abdullah Wahab dalam menjelaskan makna dan esensi turunnya Al Quran. Selain itu Kyai Abdul juga menerangkan terkait dengan halal bihalal yang merupakan tradisi kuno dan turun temurun. Uniknya tradisi seperti ini hanya ada di Indonesia dan dilakukan beberapa hari setelah Idul fitri.

Kegiatan ini ditutup dengan silaturahmi bersama dimulai dari Wakil Ketua III Mulyadi, M.Pd.,Wakil Ketua II Urip Tisngati, M.Pd., Wakil Ketua I Arif Mustofa, M. Pd., disambung Para Ketua Program Studi dan dosen, serta perwakilan mahasiswa dari masing-masing program studi.

Reporter: Sofyan Hadi