Sejarah Singkat STKIP PGRI Pacitan

STKIP PGRI Pacitan adalah salah satu perguruan tinggi yang bernaung di bawah PPLPT PGRI Pacitan. Sebagaimana perguruan tinggi swasta resmi lainnya di Indonesia, STKIP PGRI Pacitan juga masuk di dalam lingkup Kopertis 7 Jawa Timur. Perguruan tinggi ini mempunyai sejarah yang cukup panjang terkait perkembangannya. STKIP PGRI Pacitan bermula sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Program studi yang ada di STKIP PGRI Pacitan adalah program kependidikan.

STKIP PGRI Pacitan tercatat berdiri secara resmi pada tanggal 22 Juni 1992 dengan tiga program studi yang sudah terdaftar. Tiga program itu masih jenjang Program Diploma Tiga (D-III) Pend. Sejarah Status Terdaftar Nomor: 289/DIKTI/Kep/1992; Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia status Terdaftar Nomor:  289/DIKTI/Kep/1992; Pend. Matematika status Terdaftar Nomor: 289/DIKTI/Kep/1992. Kemudian dengan keluarnya surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Swasta (Dirjen Dikti) Jakarta tanggal 3 Desember 1994, nomor: 305/D4/XII/1994, tentang: Program D-III Kependidikan, STKIP PGRI Pacitan mengajukan permohonan peningkatan jenjang dari program studi yang telah diselenggarakan yaitu jenjang D-III ke S1. Permohonan yang diajukan STKIP PGRI Pacitan, tanggal 15 Pebruari 1995 tersebutdisetujui oleh Dirjen Dikti dengan turunnya SK nomor: 126/DIKTI/Kep/1995, berisi perubahan jenjang program dari D-III menjadi S-1 untuk jurusan/program studi Pend. Sejarah dan Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dengan pengajuan status terdaftar pada tanggal 26 Desember 1990 terjadi pergantian pimpinan dari Drs. Soeranto kepada Drs. Misro Sudibyo. Status terdaftar dengan nomor: 126/DIKTI/Kep/1995 tanggal 19 Mei 1995 diperoleh untuk jurusan Pend. Sejarah dan jurusan Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia dengan jenjang Strata Satu (S-1), kemudian tanggal 9 Mei 1996 status Terdaftar dengan SK nomor: 147/DIKTI/Kep/1996, diperoleh untuk jurusan Pend. Matemátika dengan jenjang Strata Satu (S1). Kemudian Sejak tanggal 22 September 2004 terjadi pergantian pimpinan dari   Drs. Misro Sudibyo, M.M. kepada Drs. Maryono, MM.

Kampus yang beralamat di Jalan Cut Nyak Dien 4a Ploso Pacitan ini terus berkembang. Pada tahun 2009 izin operasional program studi Pendidikan Bahasa Inggris dilanjutkandengan pengajuan akreditasi pada Tahun 2012. Disusul berikutnya keluar izin operasional Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi pada tanggal 5 Februari 2015. Program Pendidikan Informatika pada 22 Agustus serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada 10 Maret 2014.

Pada saat ini STKIP PGRI Pacitan meliputi tujuh program studi, yakni Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pendidikan Informatika, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Secara institusi, STKIP PGRI Pacitan sudah resmi sebagai lembaga yang berbadan hukum, yakni terdaftar di Kemenkumham berdasar surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-30.AH.01.06 Tahun 2016.

STKIP PGRI Pacitan termasuk perguruan tinggi yang normatif. Perguruan tinggi ini melaksanakan tata kelola perguruan tinggi yang mengacu pada Undang-undang Pendidikan Tinggi nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi untuk melaksanakann perubahan bentuk dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Memiliki izin pembukaan program studi dari Kemendikbud dan terakreditasi oleh BAN-PT;
  2. Memiliki Rencana Induk Pengembangan (RIP);
  3. Memiliki Statuta Perguruan Tinggi;
  4. Memiliki Rencana Strategis Perguruan Tinggi;
  5. Memiliki dan menjalankan standar dalam bidang akademik dan non-akademik;
  6. Melaporkan kegiatan proses pembelajaran seluruh program studi setiap semester ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Ditjen Dikti, Kemendikbud;
  7. Tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dalam suatu program studi tanpa izin dari Kemdikbud, termasuk kelas jauh;
  8. Tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berupa tatap muka lebih dari 8 jam per hari untuk seorang mahasiswa;