Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PGSD

Visi:
Pada tahun 2025 menjadi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar berdaya saing di tingkat internasional yang menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, cendekia, mandiri, berkarakter, dan berbasis kearifan lokal

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan azas demokratis. Dimaksudkan dalam melaksanakan pendidikan dengabn ciri utama dapat dilihat pada hubungan antara dosen dengan mahasiswa dapat berimbang sehingga bisa saling menyampaikan pendapat dan pikiran. Dosen tidak hanya menyampaikan materi sedangkan di pihak lain mahasiswa hanya mendengarkan dan menerima apa adanya, tetapi ada komunikasi dua arah.
  2. Menanamkan jiwa pendidik pada mahasiswa yang meliputi guru sebagai pendidik, manajer, setiawan, dan guru sebagai teladan;
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan untuk menghasilkan lulusan sarjana pendidikan dasar yang mampu mengelola pengajaran berbasis saintifik;
  4. Mengembangkan teori-teori pendidikan dan keilmuan lain sesuai dengan karakter budaya bangsa melalui berbagai macam penelitian serta mempublikasikannya pada tingkat nasional dan internasional.
  5. Menyelenggarakan pendidikan yang bermuatan jiwa berwirausaha
  6. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan kewirausahaan yang kreatif dan inovatif untuk menumbuhkan jiwa kemandirian pada mahasiswa sehingga misi ini terkait dengan visi membentuk mahasiswa yang mandiri.
  7. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memberikan solusi terhadap problematika pendidikan di tingkat sekolah dasar.
  8. Mengembangkan sumber daya manusia yang cerdas berkarakter dengan mengaktualisasikan nilai-nilai budi pekerti luhur dalam kegiatan pengajaran dan kemahasiswaan.
  9. Penanaman perpaduan nilai secara psikologis dan sosial-kultural yang meliputi olah hati (spiritual and emotional development), olah pikir (intellectual development), olah raga dan kinestetik (physical and kinestetic development), dan olah rasa dan karsa (affective and creativity development).
  10. Mengembangkan nilai-nilai dalam kearifan lokal seperti gotong royong, cinta lingkungan hidup, dan egalitarian dalam mengatasi berbagai masalah.