Prodi PGSD Gelar Festifal Treatrikal Dolanan Anak

Tak dipungkiri berbagai budaya tradisional masyarakat pada saat ini sangat tersisih. Padahal di dalam berbagai produk budaya tersebut cerminan jati diri masyarakat yang beradab. Berkenaan upaya pelestarian dolanan anak, STKIP PGRI Pacitan bekerja sama dengan Pemkab Pacitan menggelar kegiatan treatikal dolanan bocah pada hari Sabtu (7/3/2020 ) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Pagelaran tersebut disambut antusias oleh berbagai lapisan masyarakat. Terbukti riuh rendah penonton mewarnai pagelaran tersebut.

Salah satu peserta, Chika menyembutkan sangat senang mengikuti festival ini karena kegiatan ini berbeda dengan kegiatan sehari-harinya. “Saya seneng banget, kalau d rumah hanya liat hape, di sini dapat bermain bersama teman-teman, ” ujar Chika.

Nilai-nilai kearifan dalam dolanan anak ternyata tidak sekadar mampu mempererat hubungan sosial di antara anak-anak, melainkan pula mampu memberikan manfaat pada mereka baik dalam mencerdaskan otak maupun meningkatkan ketangkasan dan keberanian.

Banyak ragam dolanan bocah yang masih bisa kita ingat dan praktikkan, sekalipun semakin hari semakin tergerus oleh derasnya perkembangan teknologi digital. (Bktstp2020)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *