PESERTA KMD ANGKATAN VII DINYATAKAN LULUS 100 PERSEN

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Angkatan VII tahun 2023 resmi ditutup Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi, M.S.I., Minggu sore (7/8/2023). Upacara penutupan yang dilakukan di halaman kampus ini diikuti peserta, pelatih, panitia, unsur pimpinan dan Andalan Cabang Gerakan Pramuka Pacitan, serta Kapusdik Lesanpura Gerakan Pramuka Pacitan.

Pimpinan Kursus, Suwarto, menyatakan, dari 154 peserta,  150 peserta dinyatakan lulus, dan 4 lain lulus bersyarat. Peserta yang dinyatakan lulus bersyarat karena sakit saat pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil penilaian, sejumlah 4% peserta mendapatkan nilai cukup, 67% dinyatakan baik, dan 29% mendapat nilai sangat baik.

Metode pembelajaran yang digunakan dalam KMD meliputi; dinamika kelompok, diskusi kelompok, studi kasus, kerja kelompok, demonstrasi, curah gagasan, scouting skill, open forum, dan rencana tindak lanjut.

Dr. Mukodi, M.S.I. mengatakan bahwa KMD tidak hanya sekedar kursus mendapatkan ijazah atau sertifikat tetapi lebih dari itu.

“Pramuka adalah ruh dalam penumbuhan karakter baik mahasiswa, sehingga nilai-nilai yang tercantum dalam Dasa Darma pramuka dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik sebagai mahasiswa dan anggota masyarakat maupun sebagai Pembina Pramuka, “ tandasnya.

Apresiasi diberikan kepada 10 peserta terbaik di masing-masing kelompok atau kelas. Penilaian terbaik dilakukan oleh panitia dan tim pelatih selama KMD berlangsung.

KMD yang dilaksanakan dari tanggal 1 s.d. 7 Agustus ini diakhiri dengan penyalaan api unggun dan pentas seni.