Peringatan Nuzulul Qur’an di STKIP PGRI Pacitan

ProgresifNews– STKIP PGRI Pacitan menggelar acara Khotmil Quran yang dirangkai dengan acara buka bersama dan santunan kepada anak yang berhak menerima. Kegiatan ini bertempat di Mushola Darul Fikri yang berada di lingkungan kampus (Kamis, 29 April 2021).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka Nuzulul Qur’an dan dilaksanakan tepat pada puasa ke-17 di bulan ramadhan ini. Diawali dengan sholat ashar berjamaah, Tawassul, Khotmil Quran, Santunan kepada anak yatim/piatu yang berhak menera, buka bersama dan ditutup dengan sholat maghrib berjama’ah. Dr. Mukodi, M.S.I. Ketua STKIP PGRI Pacitan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari seluruh civitas akademik sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Beliau juga mewanti-wanti kepada semua pihak untuk selalu menjunjung tinggi rasa kebersamaan dalam membangun kampus tercinta.

Kegiatan ini juga diisi Mau’idhoh Hasanah yang disampaikan langsung oleh Ustadz Muhammad Latif yang merupakan salah satu dosen Pendidikan Informatika. Ustadz Latif menyampaikan sejarah turunnya Al Quran yang turun pada malam ke-17 bulan Ramadhan. Kemudian perjalanan Al Quran yang pada masa Rasulullah SAW, hingga pembukuan pada zaman para sahabat. Hingga kodofikasi sampai dengan bentuk Al Quran yang saat ini bisa kita baca dengan mudah.

Peringatan Nuzulul Quran adalah hari dimana kita diingatkan bahwasanya kita harus mencintai Al Quran, memahami esensi yang terkadung di dalamnya, serta mengamalkan dalam keseharian kita. Kehidupan kita tidak hanya ingin bahagia didunia saja akan tetapi juga harus bahagia di akhirat kelak, Pungkas Ustadz Muda yang telah menghatamkan ratusan kitab tersebut.

Reporter: Sofyan Hadi