PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI, TIM ASSESOR BAN-PT KUNJUNGI STKIP PGRI PACITAN

Sebagaimana perguruan tinggi yang lain, STKIP PGRI Pacitan dalam meningkatkan mutu mempunyai dua cara, yakni Audit Mutu Internal (AMI) dan Audit Mutu Eksternal (AME). Tepat pada Senin (13/5/2019) STKIP PGRI Pacitan mendapat kunjungan assesor BAN-PT yang terdiri atas Dr. dr. Bernadeta M Wara Kushartanti, MS., AIFO (UNY) dan Dr. Albadi Sinulingga, M. Pd. (UNIMED). Kedua assesor tersebut melakukan audit mutu eksternal salah satu program studi di STKIP PGRI Pacitan, yakni Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR). Kegiatan berlangsung selama satu hari dengan kegiatan utama menelaah berbagai dokumen tentang tujuh standar yang dimiliki oleh PJKR maupun STKIP PGRI Pacitan. Proses penelaahan berbagai dokumen tersebut berjalan dengan lancar dan penuh kekeluargaan.

“Perguruan Tinggi kalau mau maju harus berkualitas dan menyesuaikan diri dengan perkembangan. Manajerial  juga harus sistematis. Kalau tidak bisa gulung tikar dan tersisih’ kata Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd di sela-sela kegiatan. Di samping itu, Pak Albadi (sapaan Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd, red) juga menandaskan mutu perguruan tinggi bisa meningkat jika mempunyai visi, misi, tujuan, dan sasaran yang jelas dan semua komponen baik penyelenggara maupun pihak yang ada di perguruan tinggi harus bersinergi dan kompak.

Setelah pelaksanaan kegiatan di ruang akreditasi selesai, dilanjutkan dengan seremonial penutupan yang diikuti oleh seluruh karyawan, fungsional, dan jajaran struktural STKIP PGRI Pacitan. Kegiatan tersebut lazim disebut reakreditasi sebagai salah satu upaya STKIP PGRI Pacitan meningkatkan mutu agar menjadi perguruan tinggi menjadi kebanggaan Kabupaten Pacitan serta dapat melayani masyarakat Pacitan di sekitarnya akan kebutuhan terhadap pendidikan tinggi.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website