PESERTA PMM 3 DAN MSIB 5 RESMI DIBERANGKATKAN KETUA

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terus bergulir. Setelah Kampus Mengajar, kini Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3,  Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 5 siap menuju ke lokasi penempatan. Pada Senin (21/8/2023) bertempat di Aula, 11 mahasiswa yang lolos didampingi orang tua secara resmi diberangkatkan oleh Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi, M.S.I.

Delapan mahasiswa lolos PMM 3 dari Program Studi Pendidikan Informatika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) akan menuju ke Universitas Negeri Padang, Universitas Bosowa, Universitas Internasional Batam, Universitas Islam Makassar, Universitas Khairun di Ternate, Universitas Muhammadiyah Metro, serta Institut Desain dan Bisnis Bali.

Program Magang diikuti oleh 2 mahasiswa. Satu orang dari Prodi PBI magang di Yayasan Hasnur Centre dan satu orang mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia magang di Detik.com, sedangkan satu mahasiswa dari Prodi PBI mengikuti Studi Independen Bersertifikat di Yayasan Sekolah Ekspor Nasional.

Tiga mahasiswa dari Prodi PBI yang sebelumnya telah mengikuti PMM maupun MSIB mengungkapkan rasa syukur dapat memiliki kesempatan belajar di luar kampus dengan berbagai pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh. Agung Wibowo, merasa pengalaman yang diperoleh saat PMM 2 belum tentu akan didapat kembali di lain kesempatan.

“Jika tidak mengikuti PMM belum tentu saya bisa ke Batam dan mendapatkan pengalaman berproses dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Saya sangat bersyukur sekali,”ucapnya.

Dr. Mukodi, M.S.I. mewanti-wanti peserta PMM maupun MSIB untuk menyesuaikan diri dimana mereka ditempatkan. Tetap menjunjung tinggi kesantunan saat berkomunikasi atau berinteraksi dan berperilaku dengan sesama mahasiswa maupun dengan dosen, tempat magang, dan panitia.

Pesan juga disampaikan Ketua kepada orang tua/wali mahasiswa yang ikut serta dalam pemberangkatan.

“Kami berharap Bapak/Ibu mengikhlaskan dan mendoakan putra-putri untuk menambah pengalaman dan pengetahuan selama kurang lebih 4 bulan.”

Pemberangkatan PMM 3 dan MSIB 5 diakhiri dengan foto bersama peserta, orang tua, Kaprodi dan pimpinan.