PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS DAN PENGAWAS PPLP-PT PGRI PACITAN MASA BAKTI 2021-2026

ProgresifNews– Pelantikan Pengurus dan Pengawas Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP PT PGRI) Pacitan Masa Bakti 2021-2026, dilaksanakan hari ini Selasa, 27 April 2021 secara daring. Acara didahului dengan pembacaan Keputusan Pengurus Besar PGRI tentang Pengangkatan Pengurus dan Pengawas PPLP-PT PGRI Pacitan Masa Bakti 2021-2026 oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PGRI, Drs. H. M. Ali H Arahim, M.Pd. dan Keputusan Pengurus BPLP PGRI tentang Pengukuhan Pengurus dan Pengawas PPLP-PT PGRI Pacitan Masa Bakti 2021-2026 oleh Sekretaris BPLP PGRI Dra. Dian Mahsunah, M.Pd. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. dan pengukuhan oleh Ketua BPLP PGRI Prof. Dr. Supardi Uki Sajiman, M.M., M.Pd.

Acara pelantikan dihadiri secara virtual oleh Ketua PGRI Provinsi Jawa Timur, Drs. H. Teguh Sumarno, M.M., Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kemenag, Ketua PGRI Kabupaten Pacitan, serta diikuti oleh segenap pimpinan dan fungsionaris STKIP PGRI Pacitan. Adapun susunan Pengurus dan Pengawas PPLP-PT PGRI Pacitan Masa Bakti 2021-2026 yang dilantik adalah sebagai berikut:

  • Ketua : Drs. H. Sujono
  • Sekretaris : Drs. Jiyanto, M.Pd.
  • Bendahara : Sujarno, S.Pd., M.Pd.
  • Anggota : Hj. Sri Iriyanti, M.Pd.
    : Supriyono, M.Pd.
  • Pengawas : Dr. Maryono, M.Pd.
    : Dalud Daeka, M.Pd.

Ketua PGRI Jawa Timur Drs. H. Teguh Sumarno, M.M dalam sambutannya menyampaikan harapan agar kampus STKIP PGRI Pacitan mampu membangun soliditas internal, peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta dapat bekerjasama pada aksesibilitas penelitian serta beasiswa dengan pemerintah. STKIP harus menjadi pelopor pemahaman dan pembumian PGRI kepada mahasiswa melalui penggalakkan kegiatan kemahasiswaan, dan mampu menyiapkan alumni untuk menyongsong program-program pemerintah salah satunya pengangkatan P3K, serta menjalin kerjasama secara konsisten dengan Pengurus Besar PGRI. Menutup sambutannya, ketua PGRI provinsi Jawa Timur memberikan ucapan selamat dan sukses kepada terlantik, yang diakhiri dengan yel yel.

Pada kesempatan yang sama Ketua BPLP PGRI menghimbau segenap komponen di lingkup Pemerintah Daerah, bekerjsama membangun Perguruan Tinggi PGRI di Pacitan menjadi salah satu aset daerah. Selain itu, beliau juga berharap guna memenuhi tuntutan perubahan zaman, STKIP dapat menaikkan status menjadi universitas untuk dapat berkontribusi lebih luas membangun SDM di Pacitan khususnya.

Ketua Pengurus Besar PGRI Pusat Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. yang memberikan sambutan terakhir menekankan bahwa masa harvest moon telah berlalu seiring perubahan zaman dan kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah. Diharapkan dengan pelantikan PPLP-PT PGRI Pacitan hari ini mampu menjawab tantangan tersebut baik di internal maupun eksternal kampus. Secara internal mampu eksis sebagai perguruan tinggi yang solid, sedangkan secara eksternal dapat bersaing baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional. Banyaknya tantangan harus dijawab dengan melakukan perubahan, yaitu: 1) Iterasi, perbaikan proses pengelolaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, 2) Inovation, tidak terpaku pada best practice melainkan fokus pada the future practice, dan 3) menciptakan sesuatu yang baru, keterampilan lulusan yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Selanjutnya beliau menyinggung pentingnya meramalkan tuntutan zaman di masa depan misalnya menggagas cyber university. Pengembangan kampus dengan memperhatikan kebutuhan dan keterampilan baru yang aplikatif mendukung kemajuan daerah dan industri. Harapan terakhir yang disampaikan adalah agar STKIP siap menyambut bonus demografi dengan perubahan inovasi, salah satunya dengan memanfaatkan peluang pada setiap kesempatan. (sgy/va)