Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Lanjutkan Tradisi Juara pada Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten

Ajang grand final pemilihan duta generasi berencana (Genre) tingkat Kabupaten Pacitan digelar pada Sabtu (21/10/2023) di pendopo kabupaten. Acara yang  dibuka oleh Bunda Genre Kabupaten Pacitan Efi Indrata Nur Bayuaji diikuti oleh 10 finalis putra dan 10 finalis putri. Finalis merupakan perwakilan dari kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di sekolah, perguruan tinggi, dan kecamatan yang telah melalui proses seleksi.

Rahma Astri Maulidina, salah satu wakil  PIK-R Widya Abhipraya STKIP PGRI Pacitan, berhasil meraih juara 3 putri dalam babak final. Raihan ini menambah tradisi juara duta Genre tingkat kabupaten. Pada tahun 2021, atas nama Wisnu Ariyani, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyabel juara 1 putri, dan tahun 2022, juara 1 putra diraih Yoga Pratama Putra dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

PIK-R Widya Abhipraya STKIP PGRI Pacitan mengirimkan 2 perwakilan dalam grand final, atas nama Zada Mardati dan Rahma Astri Maulidina dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kedua mahasiswi tersebut merupakan pemenang pada seleksi di tingkat kampus yang diselenggarakan Agustus lalu.

Pembina PIK-R, Chusna Apriyanti, M.Pd.B.I. menyampaikan jika total mahasiswa STKIP PGRI Pacitan yang masuk babak final ini ada 6 orang dari beberapa program studi.

“Sebenarnya ada 6 mahasiswi yang masuk grand final, 4 diantaranya mewakili PIK-R kecamatan, dan hanya 2 yang mewakili PIK-R Widya Abhipraya, karena waktu seleksi dari kecamatan memang lebih dulu”, ungkapnya.

Wakil Ketua III, Mulyadi, M.Pd. usai pemberian penghargaan mengatakan, jika raihan prestasi ini wajib disyukuri dan diharapkan akan menjadi pemacu semangat untuk semua mahasiswa STKIP PGRI Pacitan untuk berprestasi dalam berbagai bidang, seperti perlombaan atau pemilihan duta Genre.

“ Saya ucapkan selamat kepada Mba Rahma dan semua mahasiswi STKIP PGRI Pacitan yang masuk final. Semoga ke depan akan lebih baik dan akan tercipta juara-juara di berbagai tingkatan perlombaan yang melibatkan mahasiswa,” tandasnya.

Pemilihan Duta Genre merupakan pemilihan figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, dan menciptakan  remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS. Pemilihan Duta Genre Kabupaten Pacitan tahun 2023 mengangkat tema Partisipasi Duta Genre dalam Pencegahan Stunting.