LPPM STKIP PGRI Pacitan kembali Gelar Diskursus Ilmiah sebagai Panggung Akademis

Progresif News Kegiatan Diskursus Ilmiah kembali digelar LPPM STKIP PGRI Pacitan Selasa (29/06/2021). Forum ilmah yang sempat terhenti ini dilaksanakan secara daring via platform Zoom Meeting. Kegiatan ini digelar guna merawat iklim akademis dan dibuka untuk umum baik dari kalangan dosen, mahasiswa, guru, pemerhati pendidikan, bahkan masyarakat umum. Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini selain unsur civitas akademika STKIP PGRI Pacitan dan Peserta dari dalam kota, dihadiri juga oleh Guru, Dosen, dan Peserta dari berbagai kota dan provinsi di tanah air diantaranya dari Sidoarjo, IAIN Ponorogo, STIE PGRI Dewantara, UN PGRI Kediri, Matan Hilir Utara Kalimantan Barat, serta dari Universitas Harapan Medan.

“Alhamdulillah diskursus ini dapat terlaksana dengan lancar untuk pertama kalinya digelar di tahun ini, semoga dapat terlaksana secara kontinu disetiap bulannya dengan berbagai tema yang menarik. Diskursus ini sifatnya terbuka, tidak hanya untuk dosen dan mahasiswa internal perguruan tinggi saja, tetapi juga mewadahi masyarakat umum dari berbagai kalangan yang berkenan diskusi bersama kami.” tutur Sugiyono, M.Pd. Kepala LPPM STKIP PGRI Pacitan.

Diskusi kali ini dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Edisi perdana ini dibuka oleh Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr. Mukodi, M.S.I. sekaligus sebagai presenter. Adapun tema yang dibawakan adalah “Elan Vital Sistem Among Ki Hadjar Dewantara dalam Pendidikan Di Era Digital”. Beliau mengapresiasi atas terlaksananya diskursus kali ini dan berharap forum ini dilanggengkan guna merawat iklim akademis yang baik.

Beliau memaparkan secara gamblang materi diskusi hari ini yaitu terkait Pokok Pikiran Ki Hajar Dewantara, Sistem Among yang terdiri dari Momong, Among, dan Ngemong, serta ajaran Ing ngarso sung tulado, ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani. Seusai paparan materi, disambung diskusi menarik yang syarat muatan dari para peserta baik secara langsung maupun via chat room, dan ditanggapi satu-persatu secara rinci oleh Dr. Mukodi, M.S.I.

Kepala LPPM di akhir sesi mengundang para audien secara umum untuk bergabung menjadi presenter diskursus edisi selanjutnya dengan cara mendaftarkan diri melalui link https://s.id/PendaftaranPresenterDiskursus. Adapun tema yang dapat diangkat menjadi topik Diskursus berkaitan dengan pendidikan dan isu-isu terkini yang disusun dalam bentuk artikel ilmiah sesuai template yang telah ditentukan yang dapat diunduh melalui link berikut s.id/template-diskursus. Metode penjadwalan presenter didasarkan pada urutan waktu pendaftaran. Para presenter akan diberikan sertifikat sebagai presenter dan artikel yang sampaikan akan terbitkan di Prosiding ber-ISBN. (tim)