Ketua STKIP PGRI Pacitan Kukuhkan 378 peserta PKKMB Tahun Akademik 2021/2022

Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pacitan (STKIP PGRI Pacitan) mengadakan rankaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini diadakan secara daring melalui platform zoom meeting yang diikuti 378 mahasiswa baru dari berbagai wilayah di tanah air. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8-11 September 2021. Pembukaan PKKMB dipimpin langsung oleh Dr. Mukodi, M.S.I. selaku Ketua STKIP PGRI Pacitan dan didampingi oleh jajaran Wakil Ketua.

Tema kegiatan PKKMB tahun 2021 ini adalah Membentuk Mahasiswa Pendidik yang Berkarakter, Berilmu dan Siap di Era Revolusi Industri 4.0. Cerminan generasi yang siap di era yang menuntut adaptasi, kreatifitas dan inovasi namun tetap mengedepankan karakter seorang pendidik. “PKKMB merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan pendidikan di perguruan tinggi. Ruang dan waktu yang terbatas tentu belum dapat memberikan pemahaman menyeluruh, untuk itu mahasiswa baru diharapkan aktif dalam setiap kegiatan akademik maupun nonakademik yang dilaksanakan usai PKKMB” Tutur Eny Setyowati, M. Pd. selaku ketua pelaksana PKKMB tahun 2021. Eny juga menegaskan bahwasanya kegiatan ini harus tetap dilaksanakan meskipun masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan mengambil opsi untuk mengadakan kegiatan secara daring.

Mahasiswa baru tampak antusias dan penuh semangat selama mengikuti PKKMB yang dilaksanakan secara daring ini. Hal ini dapat dilihat dari respon kepuasan mahasiswa baru yang dilaporkan Tim Monev PKKMB tahun ini mendapat respon baik dan sangat baik pada beberapa aspek diantaranya pelayanan PKKMB secara umum panitia (99,7%), Pelayanan administrasi selama PKKMB (99,8 %), Efektifitas pelaksanaan PKKMB secara daring (72,9 %), dan pemahaman seluk beluk Perguruan Tinggi mendapatkan angka (96,15 %) . Adapun tingkat kelulusan mencapai 98,15% yakni sebanyak 371 peserta dinyatakan lulus, dengan 6 peserta lulus bersyarat, dan hanya satu peserta tidak lulus.

Tentu ini merupakan hasil yang baik dan perlu dipertahankan serta ditingkatkan lagi. Ketua STKIP PGRI Pacitan dalam sambutan penutupan PKKMB yang sekaligus mengukuhkan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022, menghimbau segenap tenaga pendidik dan kependidikan menciptakan suasana belajar yang enjoyfull learning , penuh keramahan, penuh kebehagiaan, kesenangan, menuju ma’anajah wanafi’ah. Dr. Mukodi, M.S.I. juga menandaskan bahwa pembelajaran dalam situasi pandemi ini akan dilakukan dengan hybrid/blended learning, perpaduan antara tatap muka dan tatap maya. Hal ini dilakukan untuk kebaikan semua pihak dan ikhtiar memotong mata rantai penularan virus Covid 19.