KEMENTERIAN PARIWISATA RI HELAT PELATIHAN KEPARIWASATAAN DI STKIP PGRI PACITAN

23/7/2019. Progresif News. Kementerian Pariwisata terus berupaya meningkatkan kualitas SDM Pariwisata. Salah satu kegiatan yang saat ini dilaksanakan yaitu pelatihan kepariwisataan di berbagai kampus di Indonesia. Kali ini STKIP PGRI Pacitan dipercaya sebagai mitra kegiatan bertajuk Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan atau populer dengan istilah Pariwisata Goes to Campus.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 23/7 2019 ini diikuti sekitar 300 mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Acara diawali dengan penampilan seni “Kethek Ogleng” dari sanggar Condro Wanoro yang juga sedang dikembangkan oleh Tim Riset Dosen STKIP PGRI Pacitan. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung A ini, dibuka dengan tari “Pacitan Kuncoro” yang diperagakan oleh dua penari terbaik Kampus Pendidik.

Alfin Merancia, S.Mn. Si., panitia pelaksana kegiatan dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa non-program pariwisata tentang kepariwisataan. “Mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pengembangan objek wisata. Karena secara tidak sadar mahasiswa selalu terlibat dalam aktifitas kepariwisataan di daerah terdekat. Dengan demikian mahasiswa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari destinasi pariwisata. Pengintegrasian mahasiswa dalam pariwisata dimaksudkan untuk memastikan mahasiswa lokal mendapat ruang dan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam dunia kepariwisataan” ungkapnya.

Gayung bersambut, Ketua STKIP PGRI Pacitan Hj. Sri Iriyanti, M. Pd. dalam sambutannya berharap para mahasiswa mengambil bagian dengan menciptakan berbagai kreativitas serta membangun diri sebagai pribadi yang mempunyai jiwa sebagai pelaku industri pariwisata. Kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ‘Pariwisata goes to campus’ ini, diharapkan dapat menjadi bekal mahasiswa untuk lebih berperan aktif dan mempunyai jiwa tourism entrepreneurship dalam menyambut gegap gempita pertumbuhan dan perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan. “Mahasiswa juga kami harapkan mampu beradaptasi secara ekonomi dan sosial tanpa kehilangan nilai estetika dan kultural”, imbuhnya.

Pelatihan yang dihelat sehari penuh itu, menghadirkan 4 (empat) nara sumber yang dibagi menjadi dua termin. Termin pertama, nara sumber Budi Hartoko, S.Pd., M.Si., Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pacitan, dengan materi Arah Kebijakan Pengembanagan SDM Pariwisata Daerah. Nara sumber kedua Alfin Merancia, S.Mn. Si., Kasubid Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata RI, menyampaikan materi tentang Kebijakan Nasional Pembangunan Pariwisata Indonesia. Sementara itu, untuk termin kedua dengan nara sumber Dr. Mukodi, M.S.I., Wakil Ketua Bidang Akademik STKIP PGRI Pacitan, dengan materi Peran perguruan tinggi dalam mendukung pengembangan SDM Kepariwisataan. Ditutup materi terakhir oleh Aryanti Prima Restu, S.Psi., Widya Iswara Muda Kementerian Pariwisata RI dengan materi Pemahaman Dasar Pariwisata dan Sabta Pesona.

Acara sepanjang hari ini berlangsung meriah, di setiap akhir sesi dibagikan doorprize menarik dari panitia. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Seperti yang disampaikan salah satu peserta Arian Susana “Menyenangkan, mendapat edukasi kepariwisataan dan berbagai peluang pengembangan wisata”. Peserta lain, Riyati Crister juga mengatakan “Menarik, asyik, dapat pengetahuan pengembangan potensi wisata di Pacitan”.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website