Etika Mengirim Pesan yang Baik kepada Dosen

Dalam penggunannya, bahasa tulis berbeda dengan bahasa lisan. Bahasa tulis dalam pembahasan ini berkaitan dengan pesan yang di kirim melalui SMS, BBM, FB, Email, WA, dan sejenisnya. Agar maksud anda dapat dipahami oleh dosen, terdapat beberapa hal yang harus dicermati, diantaranya:

  1. Perhatikan waktu pengiriman pesan. Mengirim pesan baiknya pada saat hari dan jam kerja.
  2. Pergunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pilihlah kata yang tepat dan hindari kata ‘alay/gaul’
  3. Mulailah dengan salam. Salam merupakan pembuka pembicaraan. Misalnya, assalamualaikum, selamat pagi, atau selamat siang.
  4. Tuliskan identitas anda. Dosen bisa jadi tidak menyimpan satu persatu nomor telepon seluruh mahasiswa. Lengkapi pula identitas Prodi, tingkat, dan semester anda.
  5. Tulislah keperluan anda dengan jelas dan singkat. Jelas tidak harus bertele-tele. Dan singkat, tidak diartikan dengan kata-katanya yang disingkat. Kata yang disingkat-singkat dapat menimbulkan pemaknaan yang berbeda yang justru dapat merugikan anda. Ungkapkan secara baik agar sekiranya dosen memamahi maksud anda.
  6. Sertakan kata maaf untuk menunjukkan kerendahan hati anda. Permohona maaf ini bisa diawal pembicaraan atau diakhir pembicaraan.
  7. Akhiri dengan ucapan terima kasih. Terima kasih juga dapat diganti dengan bahasa Jawa, matur nuwun.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *