Cara Lestarikan Budaya, Prodi Pendidikan Sejarah Gelar Historia Festival Competition

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah (Uni Istoria) STKIP PGRI Pacitan  sukses menggelar puncak  Historia Festival Competition, Minggu (29/10/2023). Kegiatan yang berisi perlombaan tingkat pelajar SLTA sederajat se-Kabupaten Pacitan dan mahasiswa terkait pelestarian budaya  ini meliputi lomba penulisan artikel ilmiah bertema sejarah local Pacitan, lomba video grafis sejarah, dan lomba menyanyi campursari modern (solo vocal).

Wakil Ketua 1 STKIP PGRI Pacitan, Arif Mustofa, M.Pd., dalam sambutannya mengapresiasi Program Studi Pendidikan Sejarah yang telah ikut andil dalam melestarikan budaya. Karena pelestarian budaya menjadi tanggung jawab semua generasi bangsa.

Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, K.R.T. Heru Arif Pianto, M.Hum. menyampaikan agenda ini selain melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif serta cerdas secara akademis juga menjadi insan yang berbudaya.

“Sudah saatnya generasi muda saat ini berperan aktif dalam melestarikan dan memajukan budaya bangsa di tengah era modernisasi, sesuai dengan suatu falsafah “Saraya Setya Rumeksa Budaya”. Hal ini sesuai selaras dengan visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah,” ungkapnya.

Kegiatan puncak ini berjalan meriah, baik dari antusias peserta lomba solo vocal campursari maupun tampilan seni dari mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah. Setiap tingkat wajib menyumbangkan hiburan seperti seni tari, langen beksa, pecak silat, maupun menyanyi.

Setiap pemenang perlombaan menerima hadiah pada acara puncak. Juara 1 lomba artikel tingkat SLTA dimenangkan oleh perwakilan dari SMKN Bandar atas nama Farhan Dwi Saputra, sedangkan juara 2 adalah Annisa Nurul Adiyani Putri perwakilan dari SMKN 1 Donorojo. Lomba history videgraphy  dimenangkan oleh Zulfikri Efendi  dari MAN Pacitan sebagai juara 1, dan Imam Prasetyo Wicahyo SMK N 1 Donorojo menempati juara 2. Solo Vocal  Campursari tingkat SMA/SMK/MA sederajat menempatkan  Haifa Intyhasna Febtyanabila dari SMK N 2 Pacitan sebagai juara 1, Fika Anista Rofiana dari SMKN Bandar sebagai juara 2, dan  Yunestya Armidinna  perwakilan SMA N 2 Pacitan sebagai juara 3. Sedangkan tingkat  mahasiswa, juara Solo Vocal adalah Kalyana Tantri sebagai juara 1 dan Asna Anggi Saputri sebagai juara 2.

Turut hadir dalam acara ini para guru pendamping dari siswa, civitas akademika dan Para Pelestari Budaya yang tergabung dalam Pakasa Bhumi Wengker Pacitan.